Selalu ada Segunung Alasan untuk Bersyukur dalam setiap Keadaan

Postingan motivasi dalam blog ini selain untuk memberi ‘pencerahan’ atau ‘kekuatan’ dalam diri pembaca, juga bertujuan yang sama dengan kadar berlipat-lipat untuk penulisnya.

Tulisan kali ini terinspirasi dari ‘news letter’ Anne Ahira edisi Sabtu, 26 Januari, 2013. Judul aslinya “Bersyukur Apapun Keadaannya”.

Entah dalam beberapa ceramah keagamaan tentang syukur, para ulama selalu mengingatkan bahwa Allah Swt akan menambah keni’matan jika kita bersyukur. Apapun keadaannya. Bahkan dalam kekurangan pun, jika kita hadapi dengan syukur, maka semuanya terasa ringan.

“Bangunlah sikap syukur dan syukurilah atas segala sesuatu yang terjadi pada diri Anda, melangkah ke depan untuk menerima sesuatu yang lebih besar dan lebih baik dari situasi Anda sekarang” (Brian Tracy).

Hati ini tergugah begitu aku membaca beberapa bagian dari ‘news letter’ Anne Ahira. Setelah aku mengeditnya sedikit, berikutlah kata-kata penggugah jiwa tersebut:

Jika Anda sedang sulit tidur, ingatlah pada orang-orang tunawisma yang tidak tidur di tempat tidur empuk dan tak berselimut.
Jika Anda terjebak dalam kemacetan, jangan kesal. Masih banyak orang yang terpaksa menarik gerobak sampah yang berat dengan berjalan kaki menuju tempat pembuangan sampah.
Jika Anda sedang mengalami hari yang mengesalkan di sekolah/kampus, pikirkanlah orang-orang di luar sana yang masih belum berkesempatan untuk mengenyam bangku pendidikan.
Jika Anda sedang mengalami hari yang mengesalkan di tempat kerja, pikirkanlah orang-orang di luar sana yang masih belum mendapatkan pekerjaan.
Jika Anda sedang sedih dan kecewa karena hubungan cinta Anda sedang memburuk, pikirkanlah mengenai orang yang tidak tahu seperti apa rasanya mencintai dan dicintai.
Jika Anda mengeluh tidak punya sepatu baru, pikirkanlah orang-orang yang tidak memiliki kaki.
Jika Anda menemukan uban saat Anda bercermin, pikirkanlah pasien kanker yang dikemoterapi yang berharap rambutnya tetap utuh.
Jika Anda mengeluh negeri ini tidak banyak memberi untuk Anda, pikirkanlah negara lain yang saat ini sedang dilanda peperangan dan kelaparan.
Jika kendaraan Anda mogok atau angkutan umum yang tengah anda tunggu tak kunjung datang, lalu Anda harus berjalan berkilo-kilo untuk mencari bantuan, jangan dulu marah pada keadaan. Pikirkanlah orang cacat yang ingin sekali berjalan seperti Anda.

Hal-hal yang dipaparkan diatas tentu bisa kita tambahkan lebih banyak, sangat banyak malah!
Sebab jika direnungi, ternyata lebih banyak hal-hal yang membuat kita harus bersyukur, ketimbang segelintir hal yang membuat kita harus bersabar.

Dan, sebagai kata penutup yang manis dari Anne Ahira:

“Bersyukurlah atas apapun situasi yang Anda alami dan berikan makna syukur untuk segala situasi yang Anda hadapi.” [*]

Sumber Gambar: Google

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s