Daun Saga Obat Sariawan

Siapa yang tidak jengkel menderita jika mengalami sariawan di mulut. Luka yang menganga di dinding mulut itu aman mengganggu “kenikmatan” kita. Kita jadi harus banyak berpantang, menyetop makanan pedas dan asam. Kalau tersentuh makanan ini, rasanya nyeri bukan main, lebih-lebih kalau lubang sariawan sedang “matang-matangnya”. Lukanya merekah, membengkak, dan dikelilingi lingkaran putih pertanda sariawan sudah meradang.

Kalau sudah begini, kita jadi serba salah. Inginnya diam terus dan gampang naik darah. Sariawan yang nampaknya sepele ini, memang bikin repot. Gosok gigi pun jadi terganggu.

Sekalipun sangat menjengkelkan, biasanya penderita sariawan jarang ke dokter. Ada yang mengatasinya sendiri dengan berkumur air garam suam-suam kuku atau mengoleskan mentega pada luka yang menganga itu. Dengan cara ini sariawan agak lama sembuhnya.

Untuk sariawan di mulut, daun saga bisa dimanfaatkan. Pengobatan ini lebih cepat dan aman. Karenanya Direktorat Obat Tradisional dan Ditjen Pengawasan Obat dan Makanan menganjurkan, sebaiknya kita menanam juga saga di halaman sebagai bagian dari kebun toga, atau tanaman obat keluarga atau lebih dikenal apotik hidup.

Daunnya yang berkhasiat.

Saga (Abrus Precatorius) berupa setengah perdu, yang tumbuh merambat pada batang tanaman lainnya. Ia tumbuh dengan baik di dataran rendah sampai daerah setinggi 250-300 m di atas permukaan laut. Saga malah cocok tumbuh di iklim kering. Daunnya bersisip ganjil seperti daun asam, sedang bunganya seperti kupu-kupu. Buahnya berupa polong, sampai ia dimasukkan di suku Leguminosae.

Akar, batang, dan daunnya mengandung glycyrhizin (glisirin), suatu asam organik yang lembut. Tetapi bijinya yang sebesar kacang hijau, berwarna merah, dengan bintik hitam di ujungnya, mengandung arbin; sejenis albumin (putih telur) yang beracun. Kalau termakan mentah, ia bisa melukai dinding usus.

Bagian untuk dimanfaatkan sebagai obat sariawan ialah daunnya, sampai Kimia Farma membuat obat sariawan Enkasari, dari sari daun saga ini bersama sari daun sirih dan sari akar kayu manis. Daun saga terlalu manis, sampai daun ini pun terkenal sebagai saga manis.

Bagaimana memakainya ?

Cara penggunaannya daun saga untuk menyembuhkan sariawan cukup sederhana, tetapi hasilnya memuaskan. Dua ons daun saga yang baru dipetik direbus dalam air sebanyak dua botol limun, dalam panci, sampai airnya tinggal separuhnya. Setelah dingin, air rebusan daun itu dibuat kumur beberapa kali. Bekas kumuran tidak dibuang tetapi diminum saja, supaya luka sariawan yang berada di tenggorokan juga terkena.

anak sariawan, sariawan lidah,

Daun saga obat sariawan

Credit : Soeharso, BPTO Tawangmangu, Jateng
gambar : khasiatbuah

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s